Welcome di Blog Nggak Guna

Senin, 27 April 2015

Dampak Positif dan Negatif dari Menonton Anime


Dampak Positif dan Negatif Anime serta pesan moralnya
Kenapa saya suka anime ?, banyak orang bilang itu adalah tontonan anak kecil ?, banyak yang bilang itu sangatlah membuang” waktu dan tidak penting ?, So… Walaupun memang bener tapi ada dampak positif dan negative dari  apa yang mereka bilang tapi yang negatif hanyalah 33.33% dari semua anime yang ada dan yang buatan JEPANG !!! INGAT JEPANG…!!!!!!  [Nihon] (karena kalo Negara inggris namanya cartoon itu beda yaa) dan rata” banyak anime yang bermanfaat bagi kehidupan kita sebagai anak dari ABG, Remaja, dan juga Dewasa. Dari beberapa yang saya lihat di search engine google terdapat beberapa result seperti berikut tentang anime….

Dampak positifnya ya?
Banyak. Tapi yang utama buatku berhubung hobi ini sama dengan suamiku jadi bikin hubungan rumah tangga kami jadi harmonis.
Selain itu banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari dari anime dan manga. Misal saat menonton Yumeiro Patissiere aku belajar trik untuk mengolah coklat sebelum dicetak, di manga Silver Spoon ada banyak pengetahuan tentang pertanian, dan contoh terakhir mungkin di anime Gallery Fake yang banyak memberi informasi soal seni dan sejarah dari seni tersebut. Masih banyak lagi informasi yang bisa didapat dari anime/manga, karena biasanya mangaka/penulis melakukan penelitian secara mendetail untuk membuat karyanya menjadi mendekati sempurna.
Positif lainnya, dari membaca Yotsuba&! ada yang bisa aku aplikasikan bagaimana cara memberi pengertian ke anak, terutama anakku yang salah satunya masih usia balita menjelang sekolah, seperti Yotsuba. Well, banyak hal positifnya, yang jelas menonton anime atau membaca manga/LN jangan sampai berlebihan, karena apapun yang berlebihan tidak baik.

Dampak positif dan negatif anime terhadap anak/remaja
Hai sobat apa kabar? Sekarang saya akan bahas tentang Dampak positif dan negatif anime terhadap anak/remaja. Siapa yang tak kenal anime? Anime atau yang disebut kartun sudah cukup digemari oleh para anak anak, remaja, bahkan dewasa, anime yang lagi nge trend antara lain Naruto, Bleach, One Piece, Dll.

Anime biasanya ditonton untuk mengusir bosan, mungkin karena jenuh, sedang kesal, atau yang lainya. Anime juga bisa menjadi inspirasi bagi anak anak dan menangkap amanat yang disampaikan dari anime tersebut. Dengan dimikian anak anak dapat mempraktekan amanat positif anime tersebut.

Namun, dampak negatif pun juga ada, justru sangatlah banyak, diantaranya membuat anak menjadi sangat malas. Seperti malas mengerjakan PR, malas belajar, malas membantu orang tua, atau lainya. Tidak hanya itu, anime jaman sekarang banyak yang mengandung simbol simbol  Illuminati, bisa saja kartun yang kita sukai mengandung simbol Illuminati, jika saya sebutkan apa saja dampak negatif anime, itu sangat banyak sekali

Kita boleh boleh saja menggemari anime, tapi jangan terlalu berlebihan. Tau sendiri kan? Semua usia rata rata menyukai anime, bahkan juga anak kuliahan seperti saya.



8 Hal Positif dari Anime

1. Mengajarkan untuk makan sehat
Rata-rata tokoh anime, suka makan banyak hal ini dimaksudkan untuk mendidik generasi muda agar mau makan secara sehat. Kebanyakkan zaman sekarangkan anak-anak males tuh makan sayur-sayuran atau buah-buahan. Yang remajanya juga kadang-kadang mau ngemil doang.Pada dasarnya yang mengidolakan akan mau mengikuti kebiasaan yang diidolakannya. Kalau tokoh utama makan banyak secara sehat, mudah-mudahan yangmengidolakan juga mau mengikuti kebiasaaan makansecara sehat.

2. Pentingnya Berlatih Keras
Berlatih keras untuk meraih cita-cita. Makan itu bermaksud untuk mendapatkan tenaga. Dan tenaga dimaksudkan untuk berusaha, bekerja, berlatih, dan lain sebagainya. Untuk meraih cita-cita, tidak hanya dibutuhkan doa, tapi juga usaha yang gigih.Di setiap anime, tokoh anime pada umumnya harus berusaha keras untuk mencapai seperti apa yang diharapkannya. Mereka selalu gagal, tapi mereka mencoba untuk bangkit kembali. (contoh : Naruto, Luffy, Natsu, dll)Semangat seperti inilah yang harus ditiru.

3. Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang
Fans anime selalu merasa terinspirasi (mendapatkan ide) ketika menonton anime atau membaca Manga (sebutan untuk komik jepang). Entah itu Fashion Style atau watak-watak khusus anime, sedikit banyak akan ditiru oleh fans-nya.*Fashion Style:Di anime apapun, kostum yang mereka gunakan keren-keren semua. Ujung-ujungnya muncullah Cosplay (Sebutan untuk orang yang berpenampilan bagaikan anime). Dan bahkan berbagai aksesoris di anime dijual. Merasa bangga sekali jika kita bisa memakainya. Selain cosplay, penampilan sehari-hari tak lepas dari fashion anime.Entah itu berpenampilan menyerupai anime atau hanya sekedar menggunakan baju yang bermotif anime/mengandung unsur-unsur anime atau menggunakan aksesoris anime.
*Watak-watak Khusus anime
Secara jujur, saya juga mendapat inspirasi untuk bahan postingan blog dari menonton anime atau mendengar lagu anime. Selain itu, saya juga ingin menjadi Light Yagami. Seorang siswa yang amat jenius. Karena desakan hasrat untuk menjadi seperti karakter di anime, akhirnya sekarang saya rajin belajar. Moga-moga saja bisa pintar mirip Yagami. Saya yakin kamu juga pasti punya pendapat lain tentang arti dari Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang.Apakah anime memberikaninspirasi kepada anda? Inspirasi apa yang anda dapatkan?

4. Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya
Babak-babak yang paling kutunggu saat nonton animeadalah ketika kata-kata mutiara / kata bijak yang langsung melesat keluar dari kedua bibirnya [Rocket Kali]. Anime tidak hanya sebagai hiburan belaka, tapi juga mengajarkan arti kehidupan yang sesungguhnya.

5. Secara Tak Langsung Memberikan Pesan Moral
Salah satu dampak positif dari dari nonton anime adalah Selain menghibur, kita juga dapat pesan moral. Coba bandingkan dengan sinetron Indonesia. Udah bikin kesal, eh yang ada mah pesan moral yang jelek. Masa sih karakter utamanya lemah?(khusus sinetron yang ceritanya ada pesta tangis-menagis).Trus klo gak ada karakter yang tugasnya ngerebut harta warisan, rasanya ada yang kurang. Owh produser dan sutradara yang di Indonesia {merintih memohon}, kapan mau maju klo dari jaman dulu untill now ceritanya itu-itu aja [Ha~h, lega diriku setelah ngomel-ngomel].

6. Mengajarkan kekuatan sebuah impian, harapan, keinginan
Kebanyakkan orang takut bermimpi. Contohnya, setiap dia punya impian (ingin punya apa, pergi ke mana, denga siapa) dia perlahan menguburnya dalam-dalam. Menyalahkan keadaan, umur, ini-itulah. Gimana mau menggapai mimpi yang digantung di langit kalau naik pesawat aja takut [artinya: klo membayangkan impian aja takut(artinya yakin bahwa tidak akan tercapai), gimana mau mencapai impian?]Hal yang paling aku suka ketika menonton anime adalah (selain Opening dan Endingnya), saat seorang karakter di anime mengucapkan impiannya, dia akan menyatakannya dengan BANGGA. Meskipun kadang ada orang yang tak mendukungnya atau menertawakannya. Aku ingin punya semangat kuat seperti di anime.

7. Mengajarkan arti dari persahabatan
Kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan seseorang yang bisa dipercaya. Seseorang yang akan berbagi kebahagiaan, meghilangkan kesedihan, mendukung ketika kita lemah, menceritakan hal-hal jenaka yang membuat kita tertawa, berbagi sekeping roti, mendengarkan masalah kita, dan di setiap anime arti dari persahabatan itu bermacam-macam. Tergantung setiap individu yang menilai anime itu seperti tujuannya apa.Apakah hanya untuk hiburanbelaka, atau sekedar ntah lah aku juga bingung 

8. Menyadari indahnya perbedaan
Tak perlu dipungkiri, keunikkan dan betapa kerennya anime disebabkan oleh beragamnya warna-warna rambut, penampilan yang unik, watak yang berbeda, dan lain-lain. Tapi sebenarnya, bukan itu yang mau kita bahas.Setiap manusia memiliki kisah hidup yang berbeda, begitu pula anime. Ada anime yang bertemakan horror, Adventure, Mecha, School Days, Sports, dll.Dalam kehidupan kita bertemu banyak orang yangsikapnya angkuh, sombong, dermawan, humoris, dll.Begitu Pula anime. Dengan adanya perbedaan itu para mangaka (Pengarang Manga) ingin menyampaikan satu hal: Jika hidup ini tidak ada yang berbeda, maka segalanya akan tampak mebosankan. Cerita hidup yang berbeda, akan indah sekali jika disampaikan dan dikemas dengan sesuatu yang fresh.

Nah banyak sekali kan dari beberapa pendapat orang diatas walaupun anime yang internasional yang orang Indonesia kenal sekilas hanya (Doraemon,hello kitty,Naruto,one piece, detective conan, bleach, shinchan,fairy tail) tapi masih banyak anime yang membuat kita menjadi semakin terinspirasi dari banyak anime yang saya nonton hamper semua memberikan pesan moral yang bagus beberapa pesan moral yang didapat dari animenya yaitu :
-        Clannad – cerita tentang seorang remaja yang sudah lulus dan menikah kemudian istrinya meninggal setelah melahirkan dan kemudian anaknya berumur 5 tahun meninggal juga membuatnya putus asa dan kemudian ia tetap berjuang (pesan moral :walaupun tidak dapat memperbaiki masa lalu tapi harus tetap membetulkan sikap dimasa sekarang agar tidak sia-sia)
-        Sakurasou no pet no kanojo – cerita tentang cewe genius dengan super talenta membuat cowonya merasa kesal karena semua yang ia buat sia-sia karena orang lebih memilih karya cewenya tetapi cowonya tetap berjuang dan akhirnya berpacaran dengan cewenya (pesan moral :terus berjuang dan jangan pernah lihat masa lalu dan terusnya lihat kedepan)
-        Rinne no lagrange – cerita tentang pertemanan Antara 3 cewe yang awalnya bermusuhan karena masing” putri dari suatu kerajaan yang bermusuhan karena hal” aneh tapi akhirnya mereka berhubungan dengan erat sampai tidak akan terpisah lagi (pesan moral :janganlah memikirkan tentang suatu wilayah tetapi mempereratlah hubungan pertemanan)

-        Nagi no asukara – cerita tentang orang yang hidup di laut dan orang yang hidup di darat karena peraturan dari tuhan orang laut tidak boleh berpacaran dengan orang darat walaupun begitu ada juga anak sekolah yang awalnya berteman dari kecil suka dengan satu sama lain seperti (A suka ama B , B suka sama C , C suka ama D, D suka ama B , E suka ama A ) dan akhirnya dengan ending yang sangat” indah (pesan moral :jangan pernah merahasiakan hubungan kita karena akan didahuluin orang lain)

-        Madoka Magical – cerita tentang pertemanan yang tidak ada abisnya demi menyelamatkan temannya ia harus mengulang kemasa lalu walaupun akhirnya tidak selamat ia tetap mengulangnya dengan cara yang berbeda (pesan moral:teman adalah sesuatu yang paling penting bagi hidup kita walaupun harus berkorban demi menyelamatkan teman)

-        Sword Art Online – cerita tentang Virtual Reality Game dimana kesadaran orang dibawa ke game dan jika ia mati di game maka ia mati di dunia nyata sehingga ia harus main dan melawan bossnya di lv.100 (pesan moral :harus teliti mencari teman agar tidak dimanfaatkan saja seperti game)

-        Accel World – cerita tentang Virtual Reality Game juga tetapi dengan cerita yang sedih karena tokoh utamanya cowo yang gendut pendek mirip babi dan selalu minder (pesan moral :harus selalu berjuang dan berfikir positif karena jika gelisah akan membawa suatu kegagalan)

Dan masih banyak lagi ANIME yang bermanfaat bagi kita walaupun ada yang negative seperti genre Ecchi tetapi itu hanya sexy kok walaupun ada beberapa yang nude hhe tetapi itu cerita yang bagus” dan diatas adalah recommend walaupun masih banyak yang recommend


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Blog Nggak Guna | Design : Noyod.Com